bug intel

Apple – Intel sukses membuat pabrikan teknologi kelimpungan termasuk Apple di awal tahun ini karena permasalahan bug Meltdown dan Spectre yang tersembunyi di chip Intel.

Perangkat Apple yang selama ini aman dan bebas malware terindikasi terinfeksi bug Intel tersebut.

Apple pun mengeluarkan peringatan kepada pengguna iPhone, iPad, dan iMac untuk mengunduh software dari sumber terpercaya.

Sebelumnya, para peneliti keamanan Google Project Zero menemukan bug Meltdown dan Spectre di chipset Intel. Ternyata, bug itu sudah tertanam lebih dari 22 tahun karena sudah ada di seluruh chipset Intel sejak 1995.

Apple pun mengatakan telah merilis pembaruan software iOS, MacOS, dan TvOS untuk mencegah para hacker bisa mengeksploitasi bug untuk berbagai kepentingan.

“Peneliti keamanan telah menemukan kerentanan keamanan yang dikenal dengan nama Meltdown dan Spectre. Bug ini berlaku untuk semua prosesor modern dan sebaiknya unduh software dari sumber tepercaya seperti App Store,” kata Apple seperti dikutip Metro.

Bug Meltdown dan Spectre memungkinkan hacker untuk menghapus data aplikasi yang sedang berjalan di perangkat lainnya

Update Keamanan

Intel pun langsung mencari solusi untuk menambal lubang keamanan tersebut. Kini, Intel kini sudah menemukan metode yang tepat dan untuk mendistribusikan pembaharuan dan menutup bug tersebut. Intel pun akan memberikan update kepada 90 persen prosesor yang memiliki umur 5 tahun atau kurang mulai minggu depan.

“Dampak kinerja dari pembaruan ini akan mempengaruhi beban kerja perangkat. Bagi pengguna komputer, seharusnya tidak signifikan dan akan berkurang dari waktu ke waktu,” ujarnya.

[Apple]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here