bayar pajak

Apple – Baru-baru ini dunia dikejutkan dengan bocornya “Dokumen Surga” atau Paradise Papar yang memuat tentang penyelewengan pajak sejumlah perusahaan dan tokoh-tokoh dunia pada 2013.

Dokumen itu juga membongkar aib perusahaan teknologi ternama Apple yang mengemplang pajak.

Donald Trump (Presiden Amerika Serikat) pun angkat bicara dan menyinggung Apple yang masuk dalam daftar Paradise Papers. Trump menuduh Apple telah menyelewengkan dana sebesar ratusan miliar dolar.

Apple pun tidak terima dengan tuduhan tersebut dan memastikan Apple adalah perusahaan yang taat pajak.

“Apple percaya setiap perusahaan memiliki tanggung jawab untuk membayar pajak. Apple telah melaksanakan tanggung jawabnya dengan membayar setiap dolar yang terutang di setiap negara di seluruh dunia,” katanya di situs resminya.

“Kami bangga dengan memberikan kontribusi ekonomi kepada negara dan komunitas tempat kami berbisnis,” ujarnya.

Apple juga menyatakan perusahaan itu telah membayar pajak senilai USD 35 miliar atau setara Rp474 triliun kepada negara-negara yang memasarkan produknya dalam tiga tahun terakhir ini.

Dalam sebuah wawancara, Tim Cook (CEO Apple) mengatakan Apple telah membayar semua kewajiban pajaknya.

“Kami membayar setiap dollar dari pajak yang harus kami bayar. Kami tidak menggantungkan diri pada penipuan pajak. Kami tidak menyimpan uang di Pulau Karibia,” kata Cook seperti dikutip New York Times.

Sebagai informasi, Cook pertama kali dipanggil oleh badan subkomite investigasi Senat Amerika Serikat pada Mei 2013 terkait penyelewengan pajak.

[Apple]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here