cara-melindungi-perangkat-dari-celah-spectre-dan-meltdown

Techno – Memasuki awal 2018, peneliti menemukan kelemahan fatal yang berdampak pada kemanan data pada sejumlah prosesor Intel dan ARM. Kelemahan tersebut kemudian disebut sebagai “Meltdown” dan “Spectre”.

Baik “Meltdown” maupun “Spectre” disebut berbahaya, lantaran keduanya mampu membocorkan data tersimpan dalam kernel, program inti pada sistem operasi yang menghubungkan antara software dengan perangkat keras (prosesor).

Alhasil, celah ini dapat dimanfaatkan hacker untuk menembus kemananan dan mencuri informasi dari kernel, seperti password managerbrowser, e-mail, foto, dan sejumlah dokumen.

Baik “Meltdon” maupun “Spectre tidak pandang bulu. Mereka menyerang kernel pada perangkat dengan sistem operasi apa pun yang menggunakan chip Intel atau ARM, baik Windows, Mac OS, Android, bahkan iOS, semua ikut terdampak.

Meski begitu, pengguna bisa mencegah dan melindungi perangkatnya dari gangguan kedua celah ini dengan melakukan pembaruan sistem.

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan pengguna perangkat untuk mencegah “Meltdown” dan “Specte” di perangkat masing-masing.

Android

Google mengumumkan telah memasukkan update keamanan di sistem Android pada 5 Januari, namun baru untuk perangkat Android buatan Google, seperti Nexus dan Pixel. Untuk perangkat android merek lain, tampaknya harus menunggu sedikit lebih lama sebelum pembaruan software ini dirilis.

Pembaruan tersebut dirilis untuk memitigasi atau mencegah Meltdown dan Spectre menjangkit perangkat Android. Update lebih lanjut akan dirilis Google di masa depan.

iPhone dan iPad

Dibandingkan Android, Apple tampak lebih dulu dalam menangani celah ini. Berdasarkan informasi Apple telah merilis update keamanan Spectre dan Meltdown semenjak update iOS versi 11.2 yang dirilis pada 2 Desember 2017 lalu.

Apple mengatakan bahwa pembaruan tersebut mencakup sejumlah mitigasi serta pengembangan perlindungan perangkat di masa depan.

Untuk memastikan apakah iPhone atau iPad Anda sudah dilengkapi dengan update OS terbaru, Anda dapat melakukan langkah berikut:

1. Buka Settings > General > About
2. Lihat versi iOS yang terpasang.
3. Apabila perangkat belum dilengkapi dengan versi terbaru, yakni iOS 11.2, lakukan pembaruan.
4. Caranya, dengan membuka menu Settings > General > Software update. Tunggu sejenak hingga pembaruan sistem diunduh.

Perangkat Windows

Microsoft mengumumkan telah merilis perlindungan melalui pembaruan yang terdapat pada Windows 10. Namun jika merasa belum yakin, pengguna bisa memeriksanya terlebih dahulu.

Anda dapat masuk ke menu Settings > Update & security untuk melihat apakah ada update Windows terbaru atau tidak, khususnya file bernama Security Update for Windows (KB4056892). Jika tidak, buka Update history untuk mengecek apakah update sudah terpasang atau belum.

MacOS

Sama seperti iOS, Apple juga memperkuat celah keamanannya dengan melakukan update pada sistem MacOS (MacBook/iMac/MacPro/Mac Mini). Antisipasi guna mencegah “Meltdown” dan “Spectre” pada perangkat MacOS diatasi dengan pembaruan Mac OS High Sierra versi 10.13.2 yang dirilis pada 6 Desember 2017 lalu.

Untuk mengetahui apakah perangkat sudah dipasangi versi updateterbaru, Anda dapat mengikuti langkah berukut:

1. Ketuk tombol menu berlogo Apple di sudut kiri atas layar, kemudian pilih opsi “About Mac”.
2. Pastikan sistem operasi yang terpasang adalah Mac OS High Sierra versi 10.13.2. Jika belum, segera lakukan pembaruan.
3. Untuk memperbarui OS, Anda dapat membuka Apps Store dan pilih tombol Update untuk memperbarui sistem operasi.

[Techno]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here