bug spectre

Techno – Memasuki awal tahun, dunia teknologi dikejutkan dengan bug “Meltdown” dan “Spectre”. Kasus kebocoran bug “Intel” Spectre dan Meltdown mengguncang pabrikan prosesor ternama Intel pada awal tahun ini. Ironisnya, bug itu sudah tertanam lebih dari 22 tahun karena sudah ada di seluruh chipset Intel sejak 1995.

Hacker dapat menggunakan bug “Meltdown” dan “Spectre” untuk menembus kemananan dan mencuri informasi seperti password manager, browser, e-mail, foto, dan sejumlah dokumen.

Bug itu mereka menyerang sistem operasi apa pun yang menggunakan chip Intel atau ARM, baik Windows, Mac OS, Android, bahkan iOS.

Untungnya, pengguna bisa mencegah dan melindungi perangkatnya dari serangan kedua bug tersebut. Berikut tips untuk mencegah serangan “Meltdown” dan “Spectre” ke masing-masing perangkat seperti dikutip CNET:

Android

Google telah meluncurkan update keamanan untuk untuk perangkat Android buatan Google, seperti Nexus dan Pixel pada 5 Januari. Untuk perangkat android merek lain, harus menunggu sedikit lebih lama. Pembaruan keamanan itu akan mencegah bug Meltdown dan Spectre untuk menyerang perangkat Android.

MacOS dan iOS

Apple telah merilis update keamanan Spectre dan Meltdown semenjak update iOS versi 11.2 yang dirilis pada 2 Desember 2017 lalu. Apple mengatakan bahwa pembaruan tersebut mencakup sejumlah mitigasi dan pengembangan perlindungan perangkat di masa depan. Selain iOS, Apple juga memperkuat celah keamanannya dengan melakukan update pada sistem MacOS (MacBook/iMac/MacPro/Mac Mini).

Windows

Microsoft telah merilis perlindungan melalui pembaruan pada Windows 10. Anda dapat masuk ke menu Settings > Update & security untuk melihat apakah ada update Windows terbaru atau tidak, khususnya file bernama Security Update for Windows (KB4056892).

[Techno]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here