youtube

Techno – YouTube mempermak besar-besaran desain dan logonya setelah 12 tahun eksis serta melakukan perubahan besar pada tampilan, nuansa, dan fungsionalitas baik untuk aplikasi desktop maupun selulernya. Saat ini YouTube memiliki lebih dari 1,5 miliar orang setiap bulan.

YouTube mengatakan logo YouTube yang baru lebih fleksibel sehingga dapat bekerja lebih baik di beragam perangkat termasuk layar perangkat yang kecil. Untuk ukuran layar smartphone yang sempit, ikon yang cerah membuat logo YouTube menjadi lebih ringkas sehingga dapat dilihat dengan mudah.

Kini, gambar ikonik tube atau tabung merah diletakan agak menjauh sebelum kata “YouTube”, menyusul sebelumnya diposisikan untuk memberi penekanan pada kata “Tube”. Desainnya masih ada tombol play, warna merah dalam logo YouTube pun kini lebih cerah.

Secara default, logo YouTube memiliki teks tebal dengan jenis huruf yang baru. Skema warna pada teks juga baru, semua berwarna hitam. Di bagian kiri, logo tersebut juga telah menempatkan ikon yang siap jadi representasi merek agar mudah dikenali, sekaligus bisa menyingkat logo tanpa harus membubuhi teks. Ikon tabung warna merah itu memiliki logo play (putar) di bagian tengahnya.

“Kami memiliki kata Tube di dalam tabung. Ini aneh. Tidak ada yang tahu ini apa,” kata Christopher Bettig (Kepala Divisi Seni YọuTube) seperti dikutip Venture Beat.

Bettig mengatakan YọuTube memiliki tantangan untuk merangkul sebagian besar produk yang memiliki penonton dan pengguna berbeda. Kini YọuTube sudah muncul di smartphone, tablet, game konsol, dan televisi. Saat ini YọuTube mempertimbangkan YọuTube bukan lagi satu merek tunggal, karena ada YọuTube Kids, Gaming, Red, TV dan Music.

“Kami memiliki tantangan besar untuk menggabungkan sejumlah produk dengan khalayak dan penggunaan yang sangat berbeda. Kami ingin membuat sesuatu yang lebih terpadu dan kohesif, sesuatu yang benar-benar dibaca sebagai YọuTube,” ujarnya.

“Kami ingin membangun bahasa visual yang memudahkan orang untuk mengenalinya,” ucapnya.

Bettig dan timnya ingin membawa perubahan besar pada desain YọuTube. “Kami berharap bisa membangun bahasa visual yang memudahkan orang untuk mengenalinya,” tuturnya.

[Techno]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here